TK Mardi Yuana Rangkasbitung


Data Umum
Nama Sekolah   :  Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana Rangkasbitung 
Berdiri   : 1 Januari 1950
Pendiri                          :  Pater Koesnen, OFM, Bpk. Redjomulyo
SK Pendirian Sekolah (Yay)   : Nomor 0493/Kep.Y/1983, 3 Des 1983
SK izin Pendirian Sekolah   : No.666, 1 Jan 1981,Kanwil Dikbud
Waktu Penyelenggaraan    : Pagi
Nomor Statistik Sekolah   : 104.020.301.001
Nomor Induk Sekolah   : 100 2030 033
Alamat     : Jl. Multatuli No. 18/20, Muara Ciujung Barat, Rangkasbitung, Lebak, Banten 42311
Telepon    : ( 0252 ) 206570
       
Visi
“pelayanan penuh kasih dan profesional”
       
Misi
“meningkatkan profesionalisme pelayanan terhadap sesama demi tercapainya prestasi kerja yang bermutu dengan dilandaskan pada keteladanan dan cinta kasih”
       

Sejarah

Setelah berdirinya Sekolah Rakyat Mardi Yuana Rangkasbitung pada 1 Agustus 1949, enam bulan berikutnya sesuai gagasan dari Bapak Sumantri seorang guru kelas II Sekolah Rakyat Mardi Yuana Rangkasbitung, bahwa untuk lebih mudah mendapat murid SR yang memenuhi syarat, perlu didirikan Taman Kanak-Kanak dan gagasan tersebut disetujui oleh Bapak Redjomulyo, selaku Kepala Sekolah Rakyat pada waktu itu (tahun 1949).

Maka Bapak Redjomulyo menghadap kepada Pater Koesnen, OFM selaku Kepala Perwakilan Mardi Yuana Rangkasbitung waktu itu, beliau mengemukakan gagasan tentang akan dibukanya Taman Kanak-Kanak guna mempermudah mendapatkan siswa yang layak masuk bangku Sekolah Rakyat. Mengingat pentingnya gagasan tersebut maka Pater Koesnen, OFM menyambut baik dan menyetujui berdirinya Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana di Rangkasbitung.

Tanggal 01 Januari 1950 mulailah secara resmi Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana dibuka dan mulai menerima pendaftaran siswa baru dengan dipimpin oleh Bapak Redjomulyo yang menjabat sebagai Kepala SR sekaligus Kepala Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana Rangkasbitung. Beliau dibantu oleh Ibu Sumantri sebagai gurunya. Karena TK belum mempunyai gedung sekolah sendiri, maka kegiatan Bermain Sambil Belajar dan Belajar Seraya Bermain dilaksanakan dengan menggunakan tempat SR yang masih kosong, dengan sarana pendidikan yang seadanya dan sangat sederhana, namun tidak mengendorkan semangat belajar bagi anak didik maupun para gurunya.

Pada bulan Januari 1973, dapat dirasakan dengan jelas bahwa pengaruh berdirinya Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana membawa dampak positif bagi kemajuan SD Mardi Yuana sehingga mencapai peningkatan murid yang sangat tinggi yaitu 580 siswa dibagi menjadi 16 kelas. Keadaan di TK pun tidak kalah, siswa yang masuk semakin banyak, dengan dipimpin oleh Kepala Sekolah yang baru yaitu Bapak Sumantri dengan para gurunya yaitu Ibu Sumantri (istri Bapak Sumantri), Ibu Suganda, Ibu Suprapti, Ibu Wastiti Seman, dan Ibu Mulyati.

Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana Rangkasbitung terletak di tengah-tengah Kota Rangkasbitung sehingga sangat strategis dan dapat dijangkau melalui kendaraan apapun : becak, mobil angkot, sepeda, atau jalan kaki sekalipun. Karena di tengah kota maka dekat dengan berbagai sarana umum, seperti Rumah Sakit Umum, Kepolisian, Alun-alun, Stasiun, dan terminal.