TK Mardi Yuana Cilegon


Data Umum    
Nama Sekolah  :     Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana Cilegon 
Berdiri   :    1 Januari 1974 
Pencetus  :    Rm. Tono, Bpk. Wardal dan Ibu Atik Aminah 
No. Reg. P dan K :    246/BPD/81
No. Reg. Yayasan :    74/35/Kep. MY. 83, 1 Desember 1983
Nomor Data Sekolah :    1002010024
Nomor Statistik Sekolah :    104020125004
Nomor Izin Pendirian :    227/02-6f/DS/1997, 1 Desember 1981
Alamat :    Jl. Panglima Polim No. 51 B
      Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon 43421
Telepon :    0254 392072
       
Visi
Dengan semangat ajaran cinta kasih Kristus, TK Mardi Yuana Cilegon ingin membentuk anak yang berkepribadian Panca Tunggal ; agamis, disiplin, cerdas, terampil, dan mandiri.
 
Misi
  1. Membentuk anak memiliki budi pekerti yang luhur
  2. Mengembangkan kreativitas anak sesuai dengan kemampuannya
  3. Melatih kedisiplinan anak sejak dini
  4. Mengembangkan sikap kerja sama dan solidaritas antara sesama.
  5. Menyiapkan mental anak menuju jenjang pendidikan selanjutnya.
 
Strategi
  1. Memberi kesempatan kepada guru untuk mengikuti penataran profesionalisme guru TK.
  2. Satu minggu sekali diberikan pendidikan agama Katolik pada anak
  3. Mengikuti berbagai kegiatan/lomba untuk melatih keberanian.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  5. Memberikan pengenalan bahasa Inggris.
 
Target
  1. Menerima murid sesuai dengan usia TK
  2. Memberikan pendidikan kepada anak sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  3. Memberikan contoh berperilaku baik kepada anak
  4. Memberi kesempatan kepada anak yang kurang mampu.
 

         Sejarah

Keadaan semula TK ini sangat sederhana. Dimulai dengan gedung yang sangat sederhana, jumlah murid yang sedikit, dan tenaga guru juga sangat sedikit, TK ini berkembang hingga pada situasi sekarang. Pada saat pertama, jumlah murid hanya 9 anak, gedung satu lokal, dan guru satu orang merangkap Kepala Sekolah. Tetapi keadaan ini berangsur membaik, hingga tahun 1984 jumlah murid tercatat sebanyak 143 orang. Ini adalah suatu peningkatan yang luar biasa.

Pada tahun 1972 kota Cilegon masih sepi, banyak pohon-pohon dan semak belukar, sementara TK Mardi Yuana belum ada. Namun Cilegon dalam waktu yang singkat berkembang pesat, dengan adanya perkembangan ini memunculkan pemikiran para perintis Mardi Yuana untuk mendirikan TK ini. Tahun 1974, Perwakilan Mardi Yuana Cilegon mendirikan TK di Pagebangan. Dengan susah payah Romo Tono sebagai kepala perwakilan merintis dan memberi pengertian kepada masyarakat tentang pendidikan TK.

Situasi makin berkembang, dan dengan keyakinan besar para perintis terus berjuang menghadirkan Mardi Yuana di Wilayah Cilegon. Pada tahun 1976, TK yang semula berada di Pagebangan dipindahkan dan bergabung dengan SD dan SMP. Saat itu jumlah siswa sudah mencapai 44 anak dengan satu ruang kelas dan ruangan kantor/guru. Suasana perjuangan dan keprihatinan terus mewarnai proses TK ini.

Pada tahun 1983 muncul inisiatif dari perwakilan untuk menghimpun dana dari orang tua siswa. Usaha ini berhasil dengan dibangunnya gedung TK sebanyak tiga lokal dan satu kantor di belakang SD-SMP.

Selang enam tahun, yaitu tahun 1989 Yayasan membangun Gedung dan memindahkan TK ini ke Kampung Periuk, Cibeber, Jl. Panglima Polim 51. Gedung ini terdiri 3 lokal kelas, 2 lokal kantor, UKS dan Aula. Namun karena perkembangan jumlah siswa terus meningkat, ruang aula dijadikan kelas. Maka tahun 2001 para guru menghimpun kembali dana dari orangtua siswa untuk membangun aula. Hasil dari penghimpunan dana ini ditambah oleh Yayasan sehingga terbentuklah aula yang bisa dipakai sampai sekarang.

Sejak masa berdirinya, TK Mardi Yuana Cilegon telah dipimpin oleh tiga orang kepala sekolah, yaitu Ibu Atik Aminah (1974-1979), Ibu Veronika Suwarti (1980-1999), dan Ibu Anastasia Sunarni Irina (1999-2001). Sedangkan tahun 2002 hingga sekarang kepala sekolah dijabat kembali oleh Ibu Veronika Suwarti.