TK Mardi Yuana Cibadak


Data Umum    
 
Nama Sekolah :    Taman Kanak-Kanak Mardi Yuana Cibadak
Berdiri :   1 September 1961
Pendiri :    Rm. C.S. Ciptokusumo dan Bapak RD. Sudarsono, BA
No. Regristasi :    0251, tanggal 17 Juni 1962
Alamat                         :    Jl. Perintis Kemerdekaan No. 29, Cibadak – Kab. Sukabumi, Telepon : 0266 - 531248
       
Visi
Generasi yang berakhlak mulia yang cerdas, terampil dan mandiri
       
Misi
Membentuk anak yang cerdas, intelektual dan emosional-kreatif serta mandiri
 
Strategi
Mencipta suasana belajar yang menyenangkan agar anak berkembang secara optimal

       

Sejarah

TK Mardi Yuana Cibadak adalah lembaga pendidikan kedua yang didirikan oleh Yayasan Mardi Yuana, yaitu setelah didirikannya SLTP di Cibadak. TK Mardi Yuana didirikan pada 1 September 1961.

Kemudian Kandepdikbud Kecamatan Cibadak memberikan surat pendaftaran TK ini untuk dibawa ke Kanwil Dikdas Propinsi Jawa Barat. Maka pada tanggal 17 Juni 1962 keluarlah Surat Pengesahan dari Kanwil Dikdas Propinsi Jawa Barat dengan nomor 0251.

TK Mardi Yuana Cibadak mulai ada sejak terjadinya pelimpahan TK Bhayangkari. Karena adanya suatu hal TK Bhayangkari yang ada di depan kompleks SMP MY dengan tiba-tiba akan dibubarkan. Mungkin karena ketua Yayasan Bhayangkari khawatir akan kelanjutan sekolah ini maka sekolah ini ditawarkan kepada Yayasan Mardi Yuana.

Sejak itu TK Bhayangkari berpindah ke Mardi Yuana, begitu pula para gurunya digantikan oleh guru-guru Mardi Yuana. Penyerahan TK Bhayangkari ini didukung oleh Bp. Rd. Soedarsono B.A (kepala SLTP Mardi Yuana) dan Rm. C.S Ciptokusumo.

Adapun alasan TK Mardi Yuana didirikan adalah:

  1. Turut berpartisipasi terhadap masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan
  2. Menyalurkan anak-anak yang memang di rumah mereka tidak terawasi oleh orang tua mereka (orangtua selalu pergi bekerja dan berdagang)
  3. Sedangkan gambaran para pengajar yang memulai proses TK Mardi Yuana Cibadak ini dapat dilihat dalam beberapa hal berikut.
      • Guru pertama yang mengajar merupakan cikal bakal TK Mardi Yuana yaitu Ibu Mimi.
      • Diawali dengan jumlah murid sebanyak 38 anak, Ibu Mimi merintis pendidikan di TK Mardi Yuana Cibadak. Orang yang selalu memberi bimbingan dan dorongan agar TK Mardi Yuana berkembang adalah Bp. Rd. Soedarsono.

Sebagai perintis, Ibu Mimi dengan setia membina murid-murid dan mempertahankan agar sekolah tetap ada dan bertahan. Sebagai langkah awal TK ini sungguh baik karena mampu menerima sebanyak 30-an siswa. Bahkan pada saat itu juga muncul tantangan-tantangan, yaitu munculnya sekolah-sekolah baru. Setelah Mardi Yuana ada dan berkembang, segeralah muncul TK Kristen dan yayasan-yayasan lain yang berdiri tidak jauh dari TK Mardi Yuana. Persaingan ini terjadi beberapa tahun. Namun rupanya masyarakat melihat kualitas lebih baik berada pada TK Mardi Yuana, maka mereka tetap memilih TK Mardi Yuana sebagai tempat pendidikan dan penitipan anak-anak mereka.