SMP Mardi Yuana Bojonglopang


Data Umum
           
Nama Sekolah     :   SMP Mardi Yuana Bojonglopang
Berdiri     :   27 Agustus 1961
Pengukuhan SK. Pendirian          
  Yayasan   :   061.50.KEP.Y.83
  Depdikbud   :   IV/89/474, tanggal 1 Agustus
Status Akreditasi     :   Diakui
I Z I N          
  N S S   :   202020615032
  N D S   :   2002060024
Alamat Lengkap     :   Jl. Raya Bojonglopang No. 4 Kec. Jampang Tengah 
          Kab. Sukabumi 43171
Telepon     :   0266 - 460014
Luas, Status dan Pemanfaatan Tanah          
  Status tanah   :   HGU
  Nomor Persil   :   Leter C : 849, Nomor Persil 47a.DV
  Luas Tanah   :   3800 M2
  Luas Bangunan   :   404 M2
Jumlah Ruangan     :   12 Ruang
           

 

Sejarah

SMP Mardi Yuana Bojonglopang merupakan cikal bakal SMP di wilayah Bojonglopang khususnya dan Jampang Tengah pada umumnya. SMP Mardi Yuana Bojonglopang secara resmi berdiri pada tanggal 27 Agustus 1961.

Latar belakang berdirinya sekolah ini adalah timbulnya keprihatinan masyarakat Jampang Tengah melihat masa depan anak-anaknya. Karena pada saat itu di Kawedanan Jampang Tengah belum memiliki SMP, sehingga banyka siswa lulusan SD yang tidak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Alasannya selain jarak Sukabumi yang jauh, dan alat transportasi yang masih kurang, ditambah dengan ketidakmampuan orang tua untuk membiayai putra-putrinya. Karena itu hanya sebagian kecil saja yang mampu menyekolahkan anaknya ke Kota Sukabumi.

Berangkat dari keprihatinan dan kepedulian itulah pada akhirnya tercetus suatu gagasan untuk mendirikan sebuah SMP di Bojonglopang. Sebagai pelopornya adalah Bapak Subana Widjaja selaku Wedana pada waktu itu, Bapak Wihardja Atmadja selaku Kepala SD Negeri 3 Bojonglopang dan Bapak M. I. Sutardjo selaku Kepala Dinas Penerangan Jampang Tengan. 

Dan selanjutnya dibentuklah satu kepanitiaan kecil yang bertugas mencari sponsor guna mewujudkan cita-cita tersebut. Adapun kepanitiaannya adalah sebagai berikut :

Ketua   :   Subarna Widjadja   (Wedana Jampang Tengah)
Sekretaris   :   H. Wihardja Atmadja   (Kepala SDN 3 Bojonglopang)
Bendahara   :   Bakir    
Anggota   :   1. MI. Sutardjo    (Kepala Dinas Penerangan)
        2. Diding Gandadimeja   (Guru SD)
        3. Karna Widjadja   (Guru SD)
        4. Kurdi A. Mintaredja   (Tokoh Masyarakat)

 Upaya-Upaya Yang Dilakukan

Upaya pertama panitia ialah menghadap kepala SMP Negeri Sukabumi, dengan maksud menyampaikan kesediaan untuk mendirikan SMP Negeri di Jampang Tengah. Namun dengan berbagai alasan keinginan tersebut tidak dapat terwujud. 

Setelah mengalami kegagalan yang pertama ini, maka berdasarkan hasil Rapat Panitia akhirnya diputuskan untuk menghubungi beberapa sekolah atau yayasan yang berada di Kota Sukabumi. 

Upaya kedua dengan menghubungi beberapa sekolah atau yayasan, di antaranya : Taman Siswa, Cokroaminoto, dan Muhammadiyah, tetapi tetap semuanya mengalami kegagalan. 

Pada upaya ketiga, akhirnya panitia kemudian memutuskan untuk datang ke Yayasan Mardi Yuana Sukabumi. Kedatangan panitia tersebut diterima oleh Pater Cipto, Pater Hugo, Pater Demers dan Pater Ismail.