SMA Mardi Yuana Serang


Data Umum

Nama Sekolah       :         Sekolah Menengah Atas Mardi Yuana Serang
Berdiri       :         Tahun 1951
Pendiri       :         Pater Blummen
Alamat       :         Jl. K.H. Syam'un No. 3 Serang - Banten 42112
NDS       :         3002010001
NSS       :         304 02 01 01 003
Luas Tanah       :         1.168 M2
Luas Bangunan       :         702 M2

 

Sejarah dan Peristiwa Penting

SMA Mardi Yuana Serang pertama kali berdiri pada tahun 1951/1952.  Alamatnya berada di Jl. Haji Abdullah No. 2 Serang. Kepala Sekolah pertama adalah Pater Blummen, OFM, kemudian digantikan oleh Romo A.S Wirio Suwarno, OFM (Romo Tono). Pada saat itu SMA Mardi Yuana hanya membuka satu jurusan saja, sehingga dikenal sebagai "SMA C". Pada tahun 1955 jumlah kelas tetap tidak bertambah. Jumlah siswanya tiap kelas antara 20 sampai 30 siswa.

Tahun 1970-an pemerintah menetapkan bahwa setiap SMA harus membuka tiga jurusan. SMA A untuk jurusan bahasa, SMA B untuk jurusan Pasti Alam, dan SMA C untuk jurusan Sosial. Karena jumlah siswa tidak bertambah banyak, ditambah penetapan pemerintah untuk membuka tiga jurusan, SMA Mardi Yuana makin mengalami kesulitan untuk membiayai operasional sekolah maupun penggajian guru-gurunya. Akhirnya diputuskan untuk membubarkan diri. Siswa-siswanya disalurkan ke SMA Negeri Serang atau sekolah lain berdasarkan pilihan orang tuanya.

Pada Tahun 1078/1979, atas usul banyak orangtua terutama yang beragama Kristen dan Katolik, Bapak J. Djemingoen dengan dukungan Romo FX. Teguh Suwarno, Pr (Ketua Perwakilan Mardi Yuana Serang-Cilegon) menghadap Sr. Yoanita, SFS (Ketua Yayasan Mardi Yuana Pusat) untuk meminta izin menghidupkan kembali SMA Mardi Yuana Serang. Atas dukungan Mgr. Ignatius Harsono, Pr (Uskup Bogor) dan kesanggupan Bapak Djemingoen untuk hanya meminjam nama "Mardi Yuana", tetapi mandiri dibidang keuangan dan tenaga pengajar, mulailah dibuka penerimaan siswa baru, dengan SK Pendirian Sekolah No : 107/102. kep/E.79 dari Kanwil Depdiknas tanggal 29 Nopember 1979. Lokasi sekolah berpindah ke Jl. K. H. Syam'un no. 3 Serang.  Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada siang hari.

Dalam lima tahun, perkembangan sekolah cukup meyakinkan. Hal ini terbukti dari kesanggupan untuk mengelola uang sekolah guna membiayai operasional sekolah dan menggaji para guru. Pada bulan April 1983 Romo Teguh Suwarno mengundurkan diri sebagai ketua perwakilan, kemudian yayasan mengangkat Romo T. Suhardi, Pr sebagai ketua perwakilan yang baru.  Dengan surat bernomor 71/MY-IV/83 tanggal 23 April 1983 tentang penyetaraan uang sekolah, Yayasan mardi Yuana Pusat meminta supaya pengelolaan sekolah diserahkan kepada Yayasan. Kemudian Bapak J. Djemingoen menyerahkan pengelolaan sekolah terutama keuangan ke Yayasan Pusat, sementara beliau tetap sebagai Kepala Sekolah disamping tugasnya sebagai guru tetap (PNS) di SMA Negeri Serang.

SMA Mardi Yuana Serang sampai sekarang masih secara bersama-sama menggunakan gedung yang sama dengan SMP Mardi Yuana Serang. Sekolah ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup menunjang untuk proses belajar mengajar, seperti buku-buku perpustakaan dan alat-alat pendidikan, laboratorium, komputer dan lain-lain. 

 

Kepala Sekolah yang pernah Memimpin

Nama           Mulai       Sampai
Pater Blummen, OFM                    
Rm. A.S. Wirio Suwarno (Romo Tono)                    
J. Djemingoen                    
Drs. M. Marsel da Iry                    
F. Sunyoto, BA     :     1994       1996
Drs. Theo Sukendro     :     1996       Sekarang