SMA Mardi Yuana Bogor


 DATA UMUM  
       
Nama Sekolah :    SMA MARDI YUANA BOGOR 
Berdiri  :   1 Agustus 1961
Alamat                         :   Jalan Siliwangi No. 50 Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor (dulu Jalan Sukasari No. 40 Bogor)
 
                  Pengukuhan SK Pendirian
Yayasan   :   061.57.Kep.Y.83; 3 Desember 1983
Depdikbud Jabar :   F.50/S.VI/1974; 1 Juli 1974
 
Akreditasi
Status Akreditasi :   DISAMAKAN
Tanggal Akreditasi :   24 Januari 1990
 
Izin
NDS :   3002220005
NSS       304026102010
 
VISI
“Maju dalam Prestasi berdasarkan iman dan kasih”
 
MISI
  1. Menjadikan peserta didik dewasa dan mandiri yang siap berkompetisi di era globalisasi
  2. Mempersiapkan peserta didik unggul beriman dan maju dalam kehidupan bermasyarakat
 
SASARAN/TARGET
  1.  Membentuk manusia berbudi luhur dan berdaya guna dalam bermasyarakat.
  2. Membentuk pribadi yang dewasa secara intelektual, sosial dan spiritual.
  3. Meningkatkan etos kerja
  4. Maju dalam prestasi serta memiliki semangat cinta kasih.

 

Sejarah

SMA Mardi Yuana Bogor merupakan perkembangan dari Sekolah Cheng Chung (Chinese Methodis School), yang dikelola oleh Badan Pengurus Hua Chiua Yoen, yang kemudian berganti nama menjadi Sekolah Nasional.

Pada 11 Mei 1960, pengelolaan Sekolah Nasional diserah-terimakan kepada Perguruan Mardi Yuana yang dikelola oleh Pater Rd. Ms. CS. Tjiptokusumo dan berganti nama menjadi SMA Mardi Yuana. Pada tanggal 5 Juni 1966, penyelenggaraan SMA Mardi Yuana Sukasari diserahkan kepada Panitia Paroki Sukasari dengan tetap berada di bawah naungan Perguruan Mardi Yuana.

Demi meningkatkan pelayanan diperlukan komunikasi, kerjasama dan koordinasi semua unit pendidikan Mardi Yuana, oleh karena itu berdasarkan Keputusan Pimpinan Keuskupan Bogor tanggal 17 April 2004, pengelolaan SMA Mardi Yuana Bogor sepenuhnya dikelola oleh Yayasan Mardi Yuana yang berkedudukan di Sukabumi.

Dari pendaftar setiap tahun pelajaran baru, kelihatan bahwa minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMA Mardi Yuana Bogor boleh dibilang stabil. Siswa yang masuk SMA Mardi Yuana Bogor mencerminkan siswa yang heterogen dalam hal agama, suku, sosial, dan ekonomi. Perkembangan minat siswa masuk SMA Mardi Yuana Bogor menunjukkan peningkatan sehingga pada beberapa tahun terakhir perlu diselenggarakan seleksi masuk.

                     

                     SMA Mardi Yuana Bogor dan Tantangan Masa Depan   

 

Berdasarkan pengalaman, dalam menghadapi tantangan masa depan SMA Mardi Yuana Bogor mempunyai strategi sebagai berikut :

  • Menumbuh-kembangkan kedisiplinan dan selalu tanggap dengan lingkungan sekitar dalam segala hal.
  • Mengoptimalkan kegiatan belajar-mengajar.
  • Memotivasi peserta didik untuk maju dengan semangat kekeluargaan.
  • Terus tumbuh dan berkembang menjadi lembaga pendidikan yang dapat menanamkan nilai-nilai kasih dan pendidikan budi pekerti yang selalu berpihak pada kebenaran dan membela yang lemah.
  • Bersaing secara sportif dalam kualitas dan berkompetisi pada proses dan hasil pendidikan dengan sekolah lain, seiring dengan diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) tahun 2004.
  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia terutama para staf pengajar agar mempunyai penguasaan dan kompetensi di bidangnya dan terampil dalam penggunaan teknologi.
  • Terus ikut berperan dalam memajukan kepentingan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, memelihara dan mengembangkan budaya bangsa dan berpartisipasi dalam proses pembangunan bangsa dengan melaksanakan pendidikan dan pengajaran berdasar atas azaz ciri khas Sekolah Katolik.