SD Mardi Yuana Labuan


DATA UMUM
Nama Sekolah :   SD Mardi Yuana Labuan
Berdiri :    1 Januari 1959
NDS :    1002020002
NSS :   104020206031
NBS :   00225760509405
Luas Tanah :   892 M2
Luas Bangunan :   258 M2
Alamat :   Jln. Perintis Kemerdekaan no. 20, Desa Pasar Baru RT 01 / RW 03, 
      Kelurahan – Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, Labuan – 42264. Banten
Telepon  :   (0253) 801188
       
VISI
Kudemo, Kualitas, Dedikasi, dan Moral
 
MISI
  1. Mencapai mutu pendidikan di sekolah
  2. Meningkatkan profesionalisme pelayanan
  3. Melaksanakan pendidikan berdasarkan cinta kasih
 

         Sejarah

Mula-mula Sekolah Dasar Mardi Yuana Labuan hanya merupakan bangunan bekas gudang. Kepala Sekolah yang pertama kali bertugas adalah Bapak Muji. Pada waktu itu muridnya hanya sedikit. Tidak lama kemudian datang Bapak Herman dan Ibu Herman sebagai guru. Waktu itu muridnya masih tetap sedikit sehingga murid kelas I, II dan III dijadikan satu kelas. Murid Kelas IV, V, dan VI dijadikan satu kelas juga karena pada waktu itu jumlah guru baru 2 orang. Dengan berjalannya waktu ada tambahan guru antara lain Bapak Nyono dan Bapak Sukandar. Muridnya juga bertambah, sehingga pada waktu itu kelas bisa dipisahkan dari kelas I sampai dengan kelas VI, meskipun jumlah muridnya masih minim. Bapak Muji sebagai Kepala Sekolah yang pertama pensiun kemudian digantikan oleh Bapak Herman. Pada waktu itu dikirim beberapa guru dari Yayasan, antara lain : Bapak Gozali, Ibu Lucia Suparmi, Bapak Eko, Bapak Thomas, Ibu Yayuk dan Ibu Regina. Sementara Bapak Nyono dan Bapak Sukandar mutasi kemudian dikirim 2 orang guru yaitu Bapak Heri dan Bapak Agus. Namun tidak lama kemudian Bapak Heri dan Bapak Agus mutasi ke Sekolah Dasar Mardi Yuana Cilegon. Sejak saat itu gedung sekolah sudah agak bagus, ada kantor dan ruang kelas yang cukup walaupun bangunannya masih sederhana dan sarana prasarana masih minim.

Keberadaan Sekolah Dasar Mardi Yuana Labuan sebetulnya diakui dan diharapkan oleh masyarakat sekitar. Namun ada beberapa kendala yang kami alami antara lain masalah pelajaran agama di sekolah dan masalah uang sekolah. Di Labuan ada 51 Sekolah Dasar, SD Mardi Yuana merupakan satu-satunya sekolah swasta di kecamatan Labuan. Karena di SD Negeri tidak membayar uang sekolah, sedangkan SD Mardi Yuana membayar uang sekolah, maka hal ini merupakan suatu tantangan. Maka kami semua berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pada akhir-akhir ini diadakan rehab gedung setahap semi setahap. Mula-mula kantor kemudian ruang kelas I, II dan III, dilanjutkan ruang kelas IV dan V, yang terakhir merehab ruang kelas VI, ruang perpustakaan/UKS dan WC. Sehingga saat ini gedung SD Mardi Yuana Labuan sudah lumayan bagus.

Bapak Herman mutasi ke Cilegon, Bapak Thomas menggantikan sebagai Kepala Sekolah, kemudian Bapak Thomas mutasi ke SD Mardi Yuana Rangkasbitung dan jabatan Kepala Sekolah dipegang oleh Bapak E. Suparyadi.

Seiring dengan itu dari Yayasan mengirim guru antara lain Ibu Christina, Bapak Marno, Ibu Djuwa, Ibu Endang dan Bapak Bambang beberapa waktu kemudian karena sakit bapak E. Suparyadi meninggal dunia. Kepala sekolah selanjutnya dipegang oleh Ibu Lucia Suparmi. Pada kurun waktu terakhir ini SD Mardi Yuana Labuan menerima penjaga sekolah dan tenaga Tata Usaha yang sebelumnya belum pernah ada.

Untuk saat ini gedung sekolah sudah cukup bagus, Kepala Sekolah, Guru, Staf dan Karyawan sudah cukup walaupun sarana dan prasarana masih minim tetapi perkembangan murid cukup. Kami semua di sini berusaha menjaga, merawat dan mengembangkan semua potensi yang ada di SD Mardi Yuana Labuan.