SD Mardi Yuana Cicurug


  DATA UMUM 
Nama Sekolah :    SD Mardi Yuana Cicurug 
Tahun Berdiri :   1 Agustus 1961
Tokoh Pendiri :    Pater Demmers, OFM dan Bapak Ateng Alibasyah
Nomor Data Sekolah :   1002060002 (1969)
Nomor Statistik Bangunan :   10021526105005014
Alamat   :   Jalan Siliwangi no 246 Cicurug, Kab. Sukabumi 43359, jabar
       
VISI
Membentuk manusia yang memiliki jiwa etika, efektif dan efisien, terampil, inovatif, kreatif dan aktif
       
MISI
Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas dan selalu melakukan koordinasi dengan instansi terkait tanpa meninggalkan visi dan misi Yayasan Mardi Yuana
 

Sejarah

Sepuluh tahun setelah berdirinya SMP Mardi Yuana Cicurug, Pater Demmers, OFM (almarhum) menganggap perlu adanya SD Mardi Yuana dalam satu kompleks. Gagasan ini mendapat dukungan dari Bapak Ateng Alibasyah (almarhum). Pada tanggal 1 Agustus 1961, berdirilah SD Mardi Yuana yang pada kala itu baru bisa menampung murid sebanyak 16 orang.

Pada awalnya, SD Mardi Yuana Cicurug belum mempunyai gedung sekolah sendiri. Oleh karena itu, proses belajar mengajar harus dilakukan di rumah penduduk. Kondisi ini kemudian berubah manakala SD Mardi Yuana Cicurug boleh menumpang, sebagian di gedung SMP Mardi Yuana Cicurug, sebagian di gedung seminari (sekolah untuk para calon pastor) di Cicurug, bahkan sebagian lagi harus bersekolah sore hari. Sementara sarana bangku dan meja yang saat itu belum mencukupi, diperoleh dari SD Mardi Yuana yang berada di kota. Biasanya bangku dan meja itu sudah tidak mereka gunakan lagi.

Atas upaya Pater Ruiys, OFM, sejak tahun 1975, dibangunlah gedung SD MY. Gedung serta lokasinya sama seperti yang ada saat sekarang. Beberapa peristiwa penting lain yang bisa dicatat adalah: pertama, pada tahun 1975-1980 siswa SD Mardi Yuana Cicurug menurun drastis karena pemerintah mendirikan sekolah-sekolah INPRES. Kedua, tahun 1999 muncul berita bahwa lokasi SD Mardi Yuana Cicurug akan dibuat MAL (pasar swalayan). Ketiga, tahun 2000 ada banyak siswa yang keberatan masuk sekolah siang, dan diantara mereka banyak murid baru yang mengundurkan diri. Keempat, selama ini, SD Mardi Yuana Cicurug selalu bekerja di bawah koordinasi Yayasan Mardi Yuana pusat. Guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kinerja semua elemen pendidikan di lingkungan SD Mardi Yuana Cicurug, maka sejak Juli 2004 diangkatlah Kepala Perwakilan untuk wilayah Cicurug, yakni RD. Yohanes Suradi, S.Ag.