Sambutan HUT ke-67 Yayasan Mardi Yuana

by Admin Yayasan MY
2016-08-25 08:05:50




Sambutan Ketua Pengurus Yayasan Mardi Yuana Pada Hari Ulang Tahun ke - 67 Yayasan Mardi Yuana

"Mengembangkan Budaya Sekolah yang Peduli, Aman, Nyaman, dan Ramah"

Para Kepala Perwakilan, Kepala KB-TK/Sekolah, guru, karyawan-karyawati dan siswa-siswi di lingkungan Yayasan Mardi Yuana yang terkasih, Kita baru saja merayakan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema “Indonesia Kerja Nyata”. Pada kesempatan tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., mengajak kita untuk menjadikan sekolah sebagai rumah kedua dan sebagai taman belajar yang menyenangkan serta menumbuhkan kebiasaan baik pada setiap anak Indonesia. Kita diharapkan untuk menumbuhkan lingkungan dan budaya belajar yang serasi antara sekolah, masyarakat dan keluarga. Sinergi yang harmonis antara orangtua dengan sekolah menjadi kunci suksesnya pendidikan anak.

Menanggapi tema tersebut kita sudah mempunyai motto “Constitutis Opus Aedificare Civitatem” (Menata Karya Membangun Negara). Kita tidak ingin berpangku tangan dan berpuas diri dengan apa yang sudah kita lakukan dan capai selama ini, melainkan selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan yang terjadi khususnya dalam dunia pendidikan. Pembenahan dan perbaikan harus selalu terjadi supaya karya-karya yang kita laksanakan semakin tertata dengan baik dan semakin menunjukkan perkembangan yang berarti. Semua itu kita lakukan sebagai upaya mengisi dan memberikan makna akan kemerdekaan yang sudah kita nikmati; wujud nyata rasa syukur dan partisipasi kita untuk membangun negara tercinta Indonesia.

Berkaitan dengan ajakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan juga menyikapi berbagai peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini, terutama terjadinya sejumlah kekerasan di sekolah, maka pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-67 Yayasan Mardi Yuana kita mengambil tema "Mengembangkan budaya sekolah yang peduli, aman, nyaman, dan ramah". Kita sadar bahwa tanpa adanya suasana saling peduli, aman, nyaman, dan ramah maka mustahil bahwa sekolah akan menjadi taman belajar yang menyenangkan dan pada akhirnya akan menghambat proses belajar mengajar. Sebaliknya, lingkungan sekolah yang positif akan meningkatkan motivasi, aspirasi dan kreativitas. Perlu dicatat juga adanya salah satu kritik terhadap sistem pendidikan: “Kita selalu mengajarkan kepada anak-anak untuk berpikir seakan-akan pada akhir pendidikan mereka tersedia lapangan kerja di pabrik. Pabrik sudah tutup, dan masa depan adalah untuk mereka yang mempunyai keahlian untuk memecahkan masalah.” Oleh karena itu menjadi penting bagi para guru untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah bagi para peserta didik agar mereka tidak menjadi sumber masalah baru melainkan menjadi agen-agen perubahan menuju perkembangan yang semakin positif.

Tema di atas perlu kita isi dengan berbagai kegiatan pendukung yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah/perwakilan kita masing-masing serta kerja sama antara berbagai pihak yang terkait. Tentunya juga sambil mengevaluasi dan tetap menghidupi tema-tema yang telah kita tekuni sebelumnya, seperti: Revolusi Mental Membangun Kesadaran Ekologis (2015), Great Spirit and Studies to Go Success (2014), Meningkatkan Pelayanan Pendidikan dengan Semangat Profesionalisme dan Keteladanan (2013), Bersama dalam Persaudaraan Menuju Mardi Yuana yang Berkualitas (2012).

Para Kepala Perwakilan, Kepala KB-TK/Sekolah, guru, karyawan-karyawati dan siswa-siswi di lingkungan Yayasan Mardi Yuana yang terkasih,

Dalam kesempatan ini kami sampaikan pula bahwa kita sudah mengakhiri Program Kerja Tahun 2012 – 2016 untuk digantikan dengan Program Kerja Tahun 2016 – 2020 dengan fokus perhatian sebagai berikut:

  • Tahun Pelajaran 2016/2017: Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
  • Tahun Pelajaran 2017/2018: Komitmen terhadap Katolisitas
  • Tahun Pelajaran 2018/2019: Pengembangan dan Peningkatan Kerja Sama/Kemitraan
  • Tahun Pelajaran 2019/2020: Peningkatan Sumber Dana dan Pengelolaan Keuangan

Kami mengajak seluruh warga Mardi Yuana untuk melaksanakan atau mewujudkan program kerja dan tema kita dengan semangat sebagaimana tertuang dalam Mars Mardi Yuana: bersatu, penuh semangat dan adanya kesediaan untuk berkorban. Semua itu sebagai suatu upaya untuk membuat Mardi Yuana semakin maju dan berkembang sehingga bisa menjadi persembahan berharga bagi nusa dan bangsa pada umumnya serta Gereja pada khususnya.

Selamat Ulang Tahun untuk kita semua dan berkat Tuhan senantiasa melimpahi proses perjalanan pendidikan kita. Sukabumi, 26 Agustus 2016 Ketua Pengurus Yayasan Mardi Yuana,

RD. F.X. Suyana, S.Ag.,MMSI.

Catatan:

Mohon dibacakan sebagai pengganti amanat Pembina Upacara dalam kesempatan upacara bendera atau pengumuman dalam kesempatan perayaan ekaristi menyambut HUT ke-67 Yayasan Mardi Yuana.




Copyright © Yayasan Mardi Yuana 2017